Simpan Senpira, Mabes Polri: Bisa Kena Sanksi Hukuman Mati

619

MESUJI, IDNPUBLIK.COM – Mabes Polri Bersama Jajaran Polres Mesuji sosialisasikan UU Darurat No 12 Tahun 1951, di Rumah Makan Citra Intan, Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Kamis (17/2).

Mengusung Tema ” Bersinergi Dalam Menjaga Situasi Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Yang Aman Dan Kondusif Tanpa Senjata Api Rakitan”, perwakilan Mabes Polri didampingi jajaran Polres Mesuji sekaligus menggelar kegiatan silaturahmi dengan masyarakat Mesuji.

Hadir di acara tersebut, Kompol Marjuki S.H, M.H dari Mabes Polri, Kasat Intelkam Polres Mesuji Iptu Putu Harta Jaya Utama, Perwakilan Kodim 0426 TB Serka Imam Ropingi, Kabid Ideologi Kesbangpol Kabupaten Mesuji Baginda Harahap, dan Perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

Kompol Marjuki menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka silaturahmi antara Polri dan masyarakat Mesuji agar lebih bersinergi untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif.

“Selanjutnya, kami pihak Kepolisian memberi pemahaman tentang bahayanya menyimpan, memiliki, menggunakan serta membuat senjata api rakitan, karena jelas telah di atur dalam Undang – Undang Darurat No 12 Tahun 1951 dengan sanksi yaitu hukuman mati atau hukuman penjara setinggi-tingginya 20 tahun,” terang Marjuki.

Ia menambahkan, kemudian yang Ketiga Polri terus berusaha secara persuasif menghimbau kepada masyarakat yang masih memiliki dan menyimpan senjata api rakitan (senpira) agar secara sukarela menyerahkan kepada Aparat setempat. Hal tersebut guna mengeliminir peredaran senjata api rakitan di wilayah Mesuji dan sekitarnya.

“Saya berharap dengan diadakan silaturahmi agar masyarakat Mesuji dan sekitarnya hidup aman, nyaman dan damai tanpa senjata api rakitan,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini, salah satu masyarakat Aridi (55) warga Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur, suka rela menyerahkan senjata api rakitan miliknya. Dirinya mengatakan, Jajaran Polres Mesuji meminta bantuan untuk menyisir dan memberitahukan kepada masyarakat yang memiliki senjata api rakitan agar di serahkan ke pihak berwajib.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat, bila masih ada yang memiliki senjata api rakitan agar dapat segera menyerahkan nya kepada pihak berwajib. “Agar tercipta situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Mesuji yang kita cintai,” pungkasnya. (Syem said)

Facebook Comments