Sambut Ramadhan, Warga Sepang Jaya Gelar Bersih-bersih Masjid Baitunnur

513

BANDARLAMPUNG, IDNPUBLIK.COM – Menjelang bulan suci Ramadhan tahun 2022 pengurus jamaah Masjid Baitunnur bersama Ketua RT 8 , RT 7 LK 1 dan warga sekitar kelurahan Sepang Jaya Kecamatan Labuhanratu menggelar kegiatan bersih-bersih di Masjid Baitunnur jalan M. Nur II Sepang Jaya Kota Bandar Lampung, Minggu (27/3).

Ketua RT Iskandar Dinata mengatakan, kegiatan bersih bersih dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1443 H, masjid itu dibersihkan guna memberikan kenyamanan kepada warga yang akan melaksanakan ibadah , sehingga ibadahnya akan lebih khusyuk.

“Tradisi bersih-bersih masjid ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadan, karena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” ujarnya.

“kegiatan gotong royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, karena dengan bergotong royong warga bisa berkumpul dan menyelesaikan pekerjaannya secara cepat.

Sementara itu, tokoh agama masjid Baitunnur Bapak Hi. Mudjio Tursal salah satu bendahara masjid Baitunnur mengatakan, kegiatan bersih bersih masjid menjelang Ramadan ini agar masjid tetap terpelihara kebersihannya.

“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing,” ucapnya.

Lanjut dia, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan saja, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

Giat bersih-bersih Masjid Baitunnur tersebut juga melibatkan ketua Yayasan Baitut Tahfidz Annur serta anak-anak didiknya turut ikut membantu membersihkan rumah ibadah.

Yayasan Baitut Tahfidz Annur juga salah satu donatur masjid Baitunnur yang sudah banyak membantu kebutuhan masjid seperti memberikan alat-alat ibadah masjid Baitunnur dan lain sebagainya.

Sementara itu ketua Yayasan Baitut Tahfidz Annur Hi. Muhammad Yani juga mengungkapkan, kegiatan bersih bersih masjid ini merupakan sudah tugas kita bersama untuk membersihkan agar tempat masjid kita nampak bersih dan sehat, sehingga kita menjalankan ibadah solat berjemaah tambah khusuk, “kata dia.

Lanjutnya, kebersihan merupakan pangkal keimanan kita dan ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT , Untuk itu mari kita sama-sama menjaga kebersihan dilingkungan masjid ini, ” Ujarnya.

Disisi lain juga ketua RT 7 Dedi Suryadi SH juga mengatakan, kegiatan bersih bersih ini salah satu kita bersilaturahmi antar sesama warga dilingkungan masjid kita dan mempererat rasa kebersamaan kepedulian kita untuk memakmurkan masjid Baitunnur ini, “ungkap Dedi.

“Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H sebentar lagi kita nanti-nanti, bulan yang penuh Barokah ini tinggal satu minggu lagi.

Sehingga masjid Baitunnur sudah nampak bersih dan sehat kita pun solat teraweh berjamaah semakin khusuk dan saya berharap mari sama sama kita selalu menjaga masjid kita dengan cinta kebersihan, “kata Dedi.

Masih kata Dedi panggilan Akrabnya, mari kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat Islam, nikmat Iman pada kita semua,”kata Dedi. (rls/isd)

Facebook Comments