Pemasangan Taiping Box masuk dalam pembahasan Paripurna DPRD Pesisir Barat

95

Pemasangan Taiping Box masuk dalam pembahasan Paripurna DPRD Pesisir Barat

PESISIRBARAT, IDNPUBLIK.COM- DPRD Kabupaten Pesisir Barat menggelar rapat paripurna dengan agenda jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda APBD Perubahan tahun Anggaran 2022, Jumat 19/09/2022.

Rapat yang dilaksanakan di gedung dewan kabupaten itu dipimpin oleh ketua DPRD Pesisir Barat, Aguscik diikuti oleh para anggota DPRD dan dihadiri oleh Bupati Agus Istiqlal dan wakil Bupati A. Zulqoini Syarif.

Bupati mengatakan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD kabupaten pesisir barat yang disampaikan pada hari kamis tanggal 08/09/2022, sebagai berikut :
pendapatan asli daerah ( PAD ) pemerintah daerah masih terus melakukan pendataan terhadap potensi yang dapat menjadi objek pajak daerah dari berbagai sektor untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sesuai dengan amanat undang-undang no 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Ia mengatakan jawaban itu disampaikan atas pertanyaan dari pandangan fraksi amanat indonesia raya di poin ketiga. Hal itu kata dia, memang telah menjadi perhatian bersama dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi program-program yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan langsung yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara lebih maksimal.

“Kedepan pemerintah daerah akan terus mengembangkan serta mengelola aset-aset daerah terutama aset yang berhubungan dengan fasilitas umum sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat dari aset-aset tersebut,” kata Agus Istiqlal.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam penganggaran APBD sesuai amanat dan aturan menjadi acuan dalam penyusunan anggaran seperti bidang pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen.

Terakhir terkait agar pemerintah daerah memperbanyak tapping box dari usaha perhotelan, rumah makan dan memastikan alat tersebut digunakan dengan baik dan kontinyu.

Bupati mengatakan, dalam upaya penanganan dan pengelolaan pajak penerangan jalan (PPJ), agar pemerintah kabupaten pesisir barat meminta data pengguna energi listrik kepada PLN secara intensif akuntable dan data lampu jalan yang terpasang/terpakai di kabupaten pesisir barat agar dapat menentukan jumlah pajak yang diterima sebagai salah satu tujuan untuk meningkatkan PAD.

Pada saat ini pengadaan tapping box berasal dari hasil kerjasama antara, pemerintah daerah dan PT. bank lampung, pada saat ini alat yang sudah dipasang sebanyak 25 unit dan akan bertambah sebanyak 15 unit lagi, ujarnya. (Hijrah)

Facebook Comments