Melestarikan Budaya, Pemkab Mesuji Gelar Festival Sungai Mesuji

149

MESUJI, IDNPUBLIK.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin dan Ketua Tim Penggerak pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Mesuji Ny. Pori Karlia Sulpakar membuka lomba perahu hias festival Sungai Mesuji 2022 dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-14 Kabupaten Mesuji di desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji, Rabu (23/11).

Festival Sungai Mesuji yang di selenggarakan selain menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Mesuji, juga merupakan agenda tahunan yang menjadi ciri khas Kabupaten Mesuji sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk mempopulerkan pesona Sungai Mesuji yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi.

Dalam sambutannya Sekda Syamsudin mengatakan Festival ini merupakan salah satu upaya nyata dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan Pariwisata serta Budaya Lokal yang dimiliki Kabupaten Mesuji, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

“Festival ini sangat identik dengan Sungai Mesuji, karena dari sepanjang tepi sungai inilah Kabupaten Mesuji berawal. Di desa-desa tua sepanjang sungai ini para leluhur kita dahulu memulai peradaban,” ucap Syamsudin.

Kegiatan Festival Sungai Mesuji tersebut meliputi lomba perahu hias dan lomba balap dayung diikuti oleh seluruh perangkat daerah se-Kabupaten Mesuji dan seluruh masyarakat Kabupaten Mesuji.

Sekda Syamsudin berharap Sungai Mesuji kedepan menjadi salah satu destinasi wisata popular di Provinsi Lampung dan nasional.

“Kedepannya saya berharap festival sungai Mesuji ini terus dilestarikan, sehingga ini menarik perhatian wisatawan dari luar daerah untuk datang ke Kabupaten Mesuji, sehingga destinasi Sungai Mesuji dikenal di Provinsi Lampung bahkan tingkat nasional,” tutup Syamsudin. (*)

Facebook Comments