Ibu Riana Sari Arinal Lantik Winarni Nanang Ermanto sebagai Ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2022-2027

12

BANDARLAMPUNG, IDNPUBLIK.COM —— Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik Winarni Nanang Ermanto sebagai Ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2022-2027 di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin (24/10/2022).

Ibu Riana mengajak para pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan yang baru saja dilantik, untuk langsung bergerak dalam menjalankan misi kemanusiaan kepalangmerahan.

“Selamat bertugas, saya yakin akan dapat mengemban amanah ini dengan baik untuk menjalankan misi kemanusiaan kepalangmerahan. Selamat bertugas pengurus yang dilantik, mari bergerak bersama untuk sesama,” ujar Ibu Riana.

Pada kesempatan itu, Ibu Riana menekankan enam poin penting untuk menjadi perhatian seluruh jajaran pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan.

Pertama, Ibu Riana meminta pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan untuk merapatkan barisan dan melakukan konsolidasi internal, sehingga dapat membentuk tim yang efektif dan solid.

Menurutnya, peran pengurus termasuk Dewan Kehormatan menjadi sangat penting untuk menggerakkan seluruh sumber daya dengan menomorsatukan kemanusiaan dan memegang teguh 7 prinsip PMI.

“Terlebih PMI merupakan representasi dari gerakan untuk mengajak semua berkontribusi menyelesaikan masalah kemanusiaan. Saat ini masyarakat menunggu aksi nyata dari kita semua,” ujarnya.

Selanjutnya, Ibu Riana mendorong pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan untuk bisa memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat serta harus mampu menciptakan inovasi dan terobosan program.

Terutama dari dampak pandemi yang masih dihadapi di seluruh aspek kehidupan, perubahan iklim, era digital 4.0, maupun potensi rawan bencana alam pada beberapa wilayah di Provinsi Lampung yang menuntut untuk selalu waspada dan siaga.

“Berikutnya, saya juga mengharapkan pengurus yang baru dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, baik dukungan anggaran maupun sinergi program dan kegiatan,” katanya

Kemudian, pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan juga diminta melakukan sosialisasi secara masif terhadap Gerakan Siger Donor Darah. Gerakan ini telah diluncurkan pada 21 Juni 2021 lalu oleh PMI Provinsi Lampung.

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan sehingga gerakan donor darah sukarela dapat menjadi gaya hidup masyarakat.

“Disamping itu pembenahan manajemen Unit Donor Darah agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat menjadi satu hal yang secara paralel harus diprioritaskan,” ujarnya.

Masih kata Ibu Riana, pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan juga harus melakukan pembinaan kepada para relawan PMI serta generasi muda melalui PMR.

Baik tingkat SD, SMP, maupun SMA, Korps Suka Rela (KSR) di level Perguruan Tinggi, Tenaga Suka Rela (TSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di tingkat Desa.

“Ini menjadi kunci agar PMI dapat merespon semua kebutuhan masyarakat dengan baik,” katanya.

Terakhir, Ibu Riana mengajak pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan melakukan langkah-langkah persiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Nasional Palang Merah Remaja (PMR) IX Tahun 2023.

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan lebih dari 3.000 peserta dari seluruh Indonesia.

“Dipercaya menjadi tuan rumah JUMBARA Nasional PMR IX Tahun 2023, untuk itu PMI Kabupaten Lampung Selatan harus segera menyiapkan langkah-langkah persiapannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto mengatakan pihaknya akan bertekad untuk terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat serta berupaya mewujudkan PMI yang profesional dan berintegritas.

“PMI Lampung Selatan harus menjadi garda terdepan dalam berjuang menjalankan misi kemanusiaan. Terimakasih atas amanah yang diberikan untuk kami majukan PMI di Lampung Selatan,” ujar Winarni.

Winarni menuturkan dengan amanah yang diberikan ini, senantiasa akan terus menciptakan dan mengembangkan berbagai inovasi serta program kegiatan.

“Sehingga kedepannya PMI Lampung Selatan akan menjadi lebih baik lagi. Mohon arahan dan dukungan dari PMI Provinsi Lampung,” katanya.(Adpim)

Facebook Comments