Arinal Djunaidi Buka MTQ ke-49 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji

197

MESUJI, IDNPUBLIK.COM – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Tingkat Provinsi Lampung Di Kabupaten Mesuji sekaligus membuka Mesuji Ekspo di alun-alun Simpang Pematang, Sabtu (03/12).

Hadir dalam pembukaan tersebut Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, Bupati/Wali Kota se-Provinsi Lampung, Anggota DPD RI daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim, Sekretaris Umum LPTQ Pusat Ahmad Jayadi, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal, Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji Ny. Pori Karlia Sulpakar, Forkopimda Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Mesuji, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Mesuji, tokoh lintas agama se-Provinsi Lampung dan para peserta MTQ se-Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran.

Menurut Gubernur MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran bagi umat Islam.

“MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran,” ucap Arinal.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga mengucapkan salam hormat kepada seluruh tokoh lintas umat beragama yang ada di Provinsi Lampung atas peran sertanya dalam mensukseskan kegiatan MTQ

“Salam hormat saya kepada seluruh tokoh lintas umat beragama Provinsi Lampung atas peran sertanya, hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni dengan MTQ kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat Menuju Lampung Berjaya,” tutur Arinal.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Arinal berpesan kepada para peserta MTQ agar tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Quran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Kemudian kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji sebagai tuan rumah dan kepada panitia pelaksana serta seluruh pihak, Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang mendalam sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, serta seluruh undangan lainnya.

“Terimakasih dan selamat datang kami sampaikan kepada Gubernur Lampung dan ibu, serta seluruh Bupati Walikota se-Lampung yang hadir di Kabupaten Mesuji, suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Mesuji,” ucapnya.

Lanjutnya, MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung diikuti oleh 646 peserta, dengan rincian 327 Peserta Putra dan 316 Peserta Putri, kemudian Dewan Hakim 125 orang dan Pengawas 12 orang.

Selain itu, bersamaan dengan digelarnya MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung, ditempat yang sama Kabupaten Mesuji juga tengah menggelar Festival Pembangunan Mesuji Expo 2022.

“Mesuji Expo 2022 digelar selain untuk turut menyemarakan kegiatan MTQ, juga sebagai indikator sejauh mana program pembangunan di Kabupaten Mesuji telah dilaksanakan, selain itu, tentu sebagai ajang promosi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Mesuji,” ucap Sulpakar.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan piala bergilir MTQ Tingkat Provinsi Lampung kepada Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar. Gubernur juga melakukan pelepasan anak panah sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2022. (*)

Facebook Comments