Peringati HPSN Tahun 2023, Kabupaten Way Kanan Serentak Grebeg Sampah

98

WAYKANAN, IDNPUBLIK.COM – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati mengikuti Kegiatan Grebek Sampah Serentak Pasar Inpres Kecamatan Baradatu, Jum’at (24/2).

Dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di Pasar Inpres dan pasar Pagi Kecamatan Baradatu, serta seluruh Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan.

Sebelum memulai aksi grebek sampah, Bupati Adipati saat apel menyampaikan bahwa persoalan sampah merupakan permasalahan semua pihak. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan dapat menimbulkan bencana, menimbulkan penyakit, karena sebagai tempat untuk berkembang biaknya vektor pembawa penyakit, memicu perubahan iklim, serta mencemari lingkungan, dan lain sebagainya.

Disampaikan pula bahwa kegiatan grebek sampah tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Way Kanan khususnya untuk memotivasi masyarakat untuk semakin baik dalam pengelola sampah. Dimana pada Tahun 2022 lalu Kabupaten Way Kanan telah dinilai terkait program Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Alhamdulillah upaya kita bersama telah mendapatkan hasil dengan diraihnya Anugerah Adipura kembali pada Tahun ini yang akan diserahkan pada Tanggal 28 Februari 2023 mendatang. Tentunya ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan membanggakan atas ikhtiar kita bersama dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan lingkungan. Dan Kabupaten Way Kanan merupakan satu-satunya di Provinsi Lampung yang menerima Anugerah Adipura, yang tentunya ini tidak mudah untuk meraihnya”, kata Bupati.

Dirinya juga meminta agar penghargaan tersebut menjadi tanggungjawab bersama untuk mempertahankan dengan memiliki kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumah sendiri.

Bupati Adipati juga mengapresiasi rangkaian Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 ini dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan, dan grebek sampah serentak se-Kabupaten Way Kanan.

Dimana kegiatan tersebut dapat dijadikan contoh bagi seluruh lapisan masyarakat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi untuk masa yang aka datang. Dengan harapan kedepannya pengelolaan sampah di Kabupaten Way Kanan dan kebersihan lingkungan dapat ditingkatkan lagi, membudayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat.

Diketahui, kegiatan tersebut diselenggarakan secara serentak di seluruh Kecamatan dan Kampung di Kabupaten Way Kanan berdasarkan tindaklanjut Surat Gubernur Lampung Nomor : 660..1/0656/V.10/2023 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 dengan melakukan aksi bersih-bersih serentak se Provinsi Lampung. (Rls/Yrk)

Facebook Comments