Kegiatan Rutin Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Oleh Kemendagri Tahun 2023

224

PESISIRBARAT, IDN PUBLIK.COM- Dalam rangka mengendalikan inflasi pada Pemeritah Daerah di seluruh Wilayah Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu dimulai dari bulan Desember Tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan Rakor yang telah diikuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat ke-9 kalinya yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri Jakarta Pusat, Senin 13/03/2023.

Dalam waktu yang sama ditempat yang berbeda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat yang diikuti oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, MP; Forkopimda Lampung Barat-Pesisir Barat; dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian kembali menyampaikan untuk jangan pernah lelah dan berhenti untuk menjaga terus tingkat inflasi kita, karena ini adalah hal yang sangat berperan penting dalam kestabilan ekonomi rakyat Indonesia.

“Karena inflasi ini menyangkut kenaikan harga barang dan jasa, terutama yang berhubungan dengan produk produk kita. Semua survei yang kita lihat menjadi perhatian rakyat tentang kenaikan inflasi, kenaikan harga barang dan jasa, lapangan kerja serta isu-isu lain”, ujarnya

Kemendagri juga mengingatkan, bahwa kita perlu bersama-sama melihat tren kenaikan harga barang dan jasa pada daerah-daerah yang perlu mendapatkan perhatian (yang menjadi komoditas).

“Apa saja yang perlu diatensi dan perlu di interfensi khusus, apalagi sekarang masih musim penghujan. Minggu depan kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan yang biasanya juga mengalami peningkatan permintaan”, tambahnya

Adapun hasil survei untuk inflasi di daerah-daerah terkendali cukup baik, dimana pada minggu lalu tingkat inflasi berada dibawah angka 5,47% untuk tingkat nasional.

Setelah pelaksanaan Rakor tersebut secara online, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, MP, menggelar Rapat Incidental (rapat yang tidak terjadwal) di Ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat.

Dalam arahannya, beliau menekankan kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera membentuk tim dan mengecek langsung kelapangan (pusat perekonomian/tempat terjadinya transaksi jual beli) untuk membantu percepatan ketersedian bahan pokok dalam rangka membantu Pemkab Pesisir Barat perihal pengendalian inflasi menyambut bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.(Hijrah)

Facebook Comments