Ketua PPI Pesibar Membuka Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahun 2023

180

PESISIR BARAT, IDN PUBLIK. COM – Ketua PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M. membuka kegiatan seleksi calon anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) tingkat Kabupaten yang akan digunakan dalam kegiatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tanggal 17 Agustus 2023 di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung, Senin 13/03/23.

Kegiatan yang bertempat di GSG (Gedung Serba Guna) Selalaw ini bertujuan untuk mencari pemuda-pemudi pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) terbaik dari tiap Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat yang nantinya akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten Pesisir Barat.

Hadir pada kegiatan tersebut Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat, Ir. Jalaludin, MP, Kadis Pora (Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Pesisir Barat, Eksir Abadi, S.H., M.M, perwakilan dari Polres Pesisir Barat; Ketua PPI Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M, para pelatih Paskibraka Kabupaten Pesisir Barat dari kalangan TNI dan POLRI; para calon Paskibraka yang berasal dari SMA se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan pembukanya, Kadis Pora Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan bahwa, kegiatan seleksi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit terbaik para pelajar SMA se-Kabupaten Pesisir Barat yang akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten yang nantinya akan digunakan pada Upacara Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus tahun 2023.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna mencari para pelajar SMA terbaik dari seluruh SMA se-Kabupaten Pesisir Barat yang nantinya akan dilatih oleh pelatih dari TNI dan POLRI, dan yang terbaik akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten Pesisir Barat untuk kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 nanti”, ujar Kadis Pora

Kadis Pora Kabupaten Pesisir Barat meminta kepada para pelatih untuk melatih secara profesional dan melakukan penilaian dengan objektif tanpa intervensi dari pihak manapun sehingga dapat diperoleh para Pasikbraka Kabupaten Pesisir Barat yang terbaik sesuai dengan keinginan kita (Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat) bersama.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Sekda Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi Paskibraka tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana peserta melakukan pendaftaran secara online di aplikasi Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan juga sistem penilaian dilakukan secara transparanan oleh tim penilai yang nantinya akan diterbitkan melalui website Paskibraka BPIP.

“Seleksi tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pada peserta seleski tahun ini melaksanakan pendaftaran secara online melali website Paskibraka yang diluncurkan oleh BPIP dan sistem penilaiannya pun nanti akan ditampilkan secara transparam melalui website tersebut”, tandas Plt. Sekda

Pelaksaan kegiatan seleksai kali ini dijadwalkan selama dua hari, yaitu pada tanggal 13 maret 2023 s/d 14 maret 2023, dengan di isi berbagai materi seleksi seperti seleksi admnistrasi dan kesehatan, parade, pancasila dan wawasan kebangsaan, intelegensi umum, pbb, samapta dan seleksi kepribadian yang dimana setiap tahapan seleksi memiliki kualifikasi penilaian sendiri dalam menentukan peserta seleksi calon Paskibraka Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023 untuk dapat terpilih dan dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023.(Hijrah)

Facebook Comments