Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022

236

WAYKANAN, IDNPUBLIK.COM – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Way Kanan, Kamis 30/03/23.

Tampak hadir juga pada Rapat Paripurna tersebut Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Sekretaris DPRD, kepala Organsiasi Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setdakab dan RSUD Zainal Abidin Pagar Alam.

Dalam sambutannya, “Bupati Adipati menyampaikan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2022 adalah hasil dari evaluasi atas penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Way Kanan selama 1 Tahun Anggaran, dengan tolok ukur kinerja berdasarkan pencapaian target pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang merupakan penjabaran tahun kedua RPJMD Kabupaten Way Kanan Tahun 2021-2026. Dimana sesuai peraturan, Kepala Daerah berkewajiban menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam Rapat Paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat tiga bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

Saya sampaikan bahwa perkembangan kondisi Kabupaten Way Kanan dari aspek, fokus dan indikator kinerja dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun 2022,” jelas Adipati.

Dengan jumlah penduduk 481.036 jiwa, pembangunan SDM terus dilakukan oleh Pemerintah yang terlihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada Tahun 2021 sebesar 67,57 meningkat menjadi 68,04 pada Tahun 2022. Hal tersebut ditopang oleh semakin baiknya angka harapan hidup, angka rata-rata lama sekolah, angka harapan lama sekolah, dan angka pengeluaran perkapita yang disesuaikan.

Saat ini, kondisi perekonomian sudah mulai menggambarkan kondisi yang cukup baik, pada Tahun 2021 mengalami kontraksi sebesar 2,90% kemudian naik menjadi 4,41% pada Tahun 2022. PDRB Perkapita Way Kanan Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) pada Tahun 2022 sebesar Rp 33,58 Juta mengalami kenaikan dari Rp 30.75 Juta di Tahun 2021. Untuk Angka Kemiskinan Tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 11,76% dari sebelumnya 13,09% pada Tahun 2021.

“Pada Aspek tata kelola Pemerintahan, Alhamdulillah pada Tahun 2022 ini kita meriah predikat WTP oleh BPK RI untuk yang ke-12kalinya berturut-turut, kemudian Indeks Inovasi Daerah (IID) pada tahun 2022 dengan nilai 56,19 termasuk kategori Kabupaten Inovatif, Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Tahun 2022 sebesar 78,05 termasuk ke dalam Kategori Baik, Nilai SAKIP Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 sebesar 60,06 dengan Kategori B. Berbagai indikator tersebut terlihat bahwa pembangunan di Kabupaten Way Kanan telah berlangsung cukup dinamis, dengan berbagai pertumbuhan dan target-target yang telah dicapai,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai Khusus Kategori Kabupaten Dengan Capaian Makro Pembangunan Terbaik Tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Way Kanan, yang telah menjalin kerjasama yang baik selama ini dalam mendukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Way Kanan Bumi Ramik Ragom ini.

Selain itu, ucapan terima kasih juga Saya sampaikan kepada seluruh anggota Forkopimda, jajaran Pemkab Way Kanan, para tokoh serta seluruh komponen masyarakat yang telah berperan aktif, berpartisipasi serta mendukung berbagai kebijakan dan program pembangunan Daerah, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan aman. Semoga upaya pembangunan yang telah kita lakukan, dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan perkembangan Kabupaten Way Kanan menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera,” pungkas Adipati. (Yrk)

Facebook Comments