Gubernur Arinal Dampingi Panglima TNI, Kapolri, Menhub dan Menteri BUMN Pantau Kesiapan Jalur Mudik di Pos Terpadu Bakauheni, Siap Berkolaborasi Wujudkan Mudik Aman dan Berkesan

37

LAMPUNG SELATAN —– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir memantau dan meninjau kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2023 di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4/2023). Pada kesempatan itu, Gubernur menegaskan pihaknya siap berkolaborasi mewujudkan mudik aman dan berkesan.

Gubernur mengatakan pihaknya bersama instansi terkait di Provinsi Lampung saling bersinergi dan siap dalam memastikan kelancaran arus mudik di Provinsi Lampung.

Menurutnya, Lampung sendiri menjadi salah satu tujuan para pemudik maupun sebagai daerah perlintasan yang datang dari Pulau Jawa ke Sumatera.

“Kami jajaran di Provinsi Lampung siap wujudkan mudik aman dan berkesan,” ujar Arinal.

Arinal menyebutkan termasuk juga akan memastikan kelancaran dan ketertiban pada saat malam takbiran dan juga hingga arus balik.

“Bersama TNI, Polri, Perhubungan dan lainnya kita saling bersinergi,” katanya.

Sebelumnya Gubernur melakukan peninjauan ke Pos Pam Gayam dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Pada kesempatan itu, Arinal menjelaskan para pemudik yang akan ke Lampung atau pun arus balik nanti khususnya pemudik motor, bisa melalui Pelabuhan Panjang sebagai jalur penyeberangan.

Ia menuturkan informasi ini juga secara aktif disampaikan kepada masyarakat salah satunya melalui media sosial.

“Ini kita galakkan seperti di radio dan media sosial agar masyarakat bisa mendengar dan mengetahui,” katanya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan situasi pemudik di Pelabuhan Bakauheni terpantau lancar dan cukup terkendali.

“Saya rasa disini situasinya cukup terkendali, terima kasih kepada Bapak Gubernur, ASDP, TNI, Polri dan pihak-pihak lainnya,” ujar Erick.

Menurutnya, kondisi yang aman dan terkendali ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Bersama dengan Menhub, Kapolri dan Panglima TNI, ini adalah bagian kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dari tinjauan ke beberapa lokasi mulai dari Pelabuhan Ciwandan Banten, Pelabuhan Panjang, menyusuri tol dan Bakauheni, dalam situasi landai lancar.

“Itu tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan seluruh stakeholder. Semoga apa yang menjadi catatan Bapak Presiden yaitu mudik yang aman dan berkesan,” ujar Budi.

Budi menuturkan agar jajaran di Provinsi Lampung untuk memberikan informasi bagi para pemudik agar bisa menggunakan Pelabuhan Panjang.

“Sampaikan bahwa melalui Panjang itu menggembirakan dan kapalnya bagus terutama kepada para pemudik motor. Agar ini di kampanyekan tentang menggunakan Pelabuhan Panjang,” katanya.(Adpim)

Facebook Comments