Walikota Eva Dwiana Instruksi Jajaran Gerak Cepat Atasi Banjir

29

BANDARLAMPUNG, IDNPUBLIK.COM – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana meminta jajarannya bertindak cepat mengatasi bencana banjir yang terjadi sejak Sabtu (24/2) hingga Minggu (25/2) dini hari.

Eva Dwiana meminta OPD terkait segera memperbaiki tanggul yang jebol akibat banjir, termasuk rumah-rumah warga yang rusak.

Selain itu, Walikota juga meminta seluruh warga yang jadi korban banjir dipastikan mendapat bantuan makanan, seperti beras dan nasi kotak.

“Semua warga yang terdampak ada ratusan KK. Kita bantu, termasuk rumah yang rusak,” ujarnya Eva Dwiana usai meninjau beberapa lokasi banjir di Jalan Pagar Alam PU, Minggu (25/2/2024).

Saat peninjauan ini, Walikota turun bersama sejulah satuan kerja. Seperti BPBD, Damkar, Dinas Perhubungan, Satpol PP, lurah, dan Camat di daerah setempat.

Pemkot Bandar Lampung akan membuat kanal banjir yang lebih kokoh sebagai langkah antisipasi jangka panjang, untuk mencegah dampak banjir yang lebih besar di kemudian hari.

“Banjir besar kali ini di luar dugaan kita. Untuk pengerukan kita sudah optimalkn program gerebek sungai. Tapi memang banjir kali ini sangat ekstrim, di luar dugaan kita,” ujarnya.

Eva Dwiana menegaskan Pemkot Bandar Lampung akan terus membenahi jaringan drainase. Namun masyarakat juga diimbau agar lebih peduli kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Sebab genangan air yang membludak juga terjadi karena banyaknya sampah yang menyangkut di saluran air. Sehingga arus air menyempit dan terhenti di beberapa titik pemukiman warga.

Selanjutnya, Walikota Eva Dwiana juga meminta lurah setempat mencatat apa-apa saja yang jadi masalah dan kendala yang dihadapi masyarakat.

“Doakan, Pemkot banyak uang biar bisa menormalisasi sungai-sungai agar tak terjadi banjir,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Satgas Pemkot masih bekerja keras melakukan pembersihan sampah agar banjir cepat surut di beberapa wilayah. Tim terdiri dari Damkar, BPBD, DLH, Satpol PP, dan Dinas Sosial.(*)

Facebook Comments