Tradisi Ngejalang Kuburan Pusaka Tambak Balak Pekon Gunung Kemala Berjalan Dengan Khidmat

482

PESISRBARAT, IDNPUBLIK.COM – Tradisi Adat “Ngejalang Kuburan Pusaka Tambak Balak di Pekon Gunung kemala Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat Lampung pada tahun ini berlangsung pada 3 Syawal 1445 H bertepatan pada, Jumat 12/04/2024 berjalan khitmad dan meriah.

Acara sakral dalam rangka melakukan doa bersama bagi ahli kubur Makam Pusaka Tambak Balak Gunung kemala Kecamatan Way Krui ini, dipimpin oleh seorang pemuka agama diikuti oleh ratusan warga khususnya ahli waris makam Pusaka Tambak Balak bersama para undangan dari Pekon Gunung Kemala , Gunung Kemala Timur, Pekon Labuhan Mandi.

Setelah doa-doa dipanjatkan, para hadirin menyantap hidangan yang telah disajikan oleh para ahli waris yang diletakkan diatas Pahar / Nampan atau sejenisnya.

Setelah menikmati hidangan maka sisa makanan dibungkus dan dibawa pulang sebagai berkat atau teda istilahnya.

Perwakilan Ahli Waris Hi.Ahmad Zakkia Purnama dalam kesempatan itu memberikan sambutan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan dan segenap ahli waris yang jumlahnya mencapai ratusan.

Kegiatan Ngejalang kubur ini, kata Zakkia merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun untuk bersama-sama mendoakan arwah para leluhur dan kerabat yang telah mendahului kita, “Semoga doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah SWT”, ujarnya.

Ngejalang di Tambak Balak, dihadiri Wakil Sai Batin Marga Ulu Krui, Dalom Zulfikar Admiral, Peratin Gunung Kemala Fitra Kurniawan, Peratin Labuhan Mandi dan seluruh Suku-suku (perangkat adat Sai Batin Marga Ulu Krui) beserta undangan. (Hijrah)

Facebook Comments